Saturday, June 6, 2015

Alasan orde baru presiden pertama di makamkan di BLITAR

Tarhinfo.  Presiden pertama RI di makamkan di BLITAR, Yang berlokasi  di blitar ini merupakan keputusan pemerintahan orde baru di bawah presiden soeharto, padahal sewaktu hidup nya ia pernah mengatakan bahwa ia ingin di makamkan di daerah periangan yaitu jawa barat.

Dalam Bung Karno: penyambung lidah rakyat indonesia yang di tulis Cindy Adams era 1964. Ia mengatakan bahwa ia tak mau di makamkan dalam kemewahan,

"saya ingin di makam kan sebelah sungai air yang jernih dan pepohonan yang rindang, pemandangan yang indah, saya ingin berbaring di antara perbukitan dan ketenangan. saya harap tempat istirahat terakhir saya di pegunungan, dingin, subur, daerah priangan lah yang pas dimana saya pertama kali bertemu dengan petani marhaen, tempat yang memenuhi kriteria nya adalah tempat dekat villa milik nya BOGOR " kata Bung Karno.



Sangat di sayangkan Wasiat nya tidak di indahkan oleh soeharto, di mana yang memutuskan pemakaman sang ploklamator dengan acara kenegaraan. pimpinan orde baru itu memilih di BLITAR.

Alasan soeharto memakamkan Bung karno, keinginan keluarga Bung Karno perihal keinginan lokasi pemakaman yang berbeda - beda.

" Andai kata di serahkan kepada keluarga yang di tinggalkan nya, saya melihat nya akan repot" ujar soeharto.

Maka kata soeharto " saya memutuskan dengan satu tindakan yang  saya jadi titik  tolak. yakni semasa hidup nya soekarno sangatlah menghormati ibu nya dan mencintai nya, kalau belia bepergian ke tempat yang cukup jauh dan ke manapun beliau selalu mendahulukan sungkem dahulu, untuk meminta doa restu dari ibu nya, setelah itu ia berangkat ke tempat tujuan".

Atas kedekatan beliau dengan ibu nya, soeharto akhirnya memakamkan beliau di BLITAR tidak sesuai dengan wasiat beliau.Soeharto pun memugarkankan makam nya tidak sesuai dengan ke sederhanaan nya yang di ingin kan oleh beliau.



Beberapa sejarawan berpendapat : soal keputusan pemakaman beliau di BLITARitu, karena Dia (soeharto) merasa akan terlalu berbahaya jika di makam kan di dekat jakarta. stabilitas negara akan terganggu. rupanya di era orde baru masih takut dengan rhisma pemimpin besar revolusi ini.Bahkan setelah dia mati.

Meskipun beliau di makamkan di blitar namun tetap saja masih banyak orang yang berdatangan ke pemakaman Bung Karno hingga kini, Karena selama era orde baru seolah dilarang. maka banyak sekali orang yang menyangka kalu soekarno lahir di blitar bukan surabaya.



6 juni, di mana hari ini adalah hari kelahiran nya Soekarno, masih banyak kisah kisah menarik nya, heroik dan lucu dari sang ploklamator, selamat membaca dan gali terus ilmu pengetehuan tentang sosok Bapak bangsa di TARHINFORMASI.


5 comments: